Basedowi Eksoftalmus Dan Gigantisme Adalah Penyakit Karena

Soal

Basedowi Eksoftalmus Dan Gigantisme Adalah Penyakit Karena?

Jawaban

Basedowi eksoftalmus (atau juga disebut penyakit Graves atau oftalmopati Graves) dan gigantisme adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan hormonal.

Basedowi eksoftalmus terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan lebih banyak hormon tiroid dari yang seharusnya. Ini mengarah pada hipertiroidisme, di mana tubuh mengalami peningkatan produksi hormon tiroid. Salah satu gejala khas dari basedowi eksoftalmus adalah pembengkakan dan peradangan di sekitar mata, yang dapat menyebabkan mata menonjol keluar dari orbitnya. Gangguan ini biasanya terkait dengan penyakit Graves, yang juga menyebabkan gejala lain seperti peningkatan denyut jantung, penurunan berat badan, kelelahan, dan perubahan suasana hati.

Sementara itu, gigantisme terjadi ketika kelenjar hipofisis menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan (somatotropin) saat masa pertumbuhan. Hal ini terutama terjadi pada masa kanak-kanak atau remaja, sebelum tulang-tulang mereka berhenti tumbuh. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumor jinak pada kelenjar hipofisis yang disebut adenoma somatotropik. Hormon pertumbuhan yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada tubuh, termasuk tulang dan jaringan lainnya. Akibatnya, seseorang dengan gigantisme dapat memiliki tubuh yang jauh lebih tinggi dari rata-rata.

Kedua penyakit ini disebabkan oleh gangguan hormonal dan membutuhkan diagnosis dan pengobatan yang tepat oleh tenaga medis yang berkualifikasi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *