Jenis Musik Abad Barok Dan Rokoko Disebut Jenis Musik!

Pertanyaan:

Jenis Musik Abad Barok Dan Rokoko Disebut Jenis Musik!

Jawaban:

Jenis musik yang muncul pada Abad Barok dan Rokoko disebut sebagai musik klasik. Musik klasik pada periode tersebut memiliki ciri khas yang berbeda, meskipun ada beberapa kesamaan di antara keduanya.

  1. Musik Abad Barok: Musik Abad Barok berkisar antara tahun 1600 hingga sekitar tahun 1750. Pada periode ini, musik memiliki gaya yang lebih kompleks dan ornamentik. Beberapa genre musik yang terkenal pada masa ini antara lain:
    • Musik orkestra: Termasuk karya-karya komposer seperti Johann Sebastian Bach dan Antonio Vivaldi.
    • Musik kameral: Musik yang dimainkan oleh kelompok kecil, seperti trio sonata dan sonata da camera.
    • Musik paduan suara: Gereja menjadi tempat penting bagi pengembangan musik paduan suara pada masa ini, termasuk misa dan kantata religius.
  2. Musik Rokoko: Musik Rokoko berkembang sekitar tahun 1720 hingga sekitar tahun 1770. Gaya musik ini cenderung lebih ringan, elegan, dan mengutamakan hiburan. Beberapa genre musik yang terkenal pada masa ini antara lain:
    • Opera: Opera Rokoko mencakup komposisi komik yang lebih ringan dan ceria.
    • Kamar musik: Komposisi musik yang dimainkan di ruangan kecil, seperti sonata dan kuartet gesek.
    • Musik vokal: Aria dan lagu populer menjadi bentuk musik vokal yang populer pada periode ini.

Keduanya merupakan periode penting dalam sejarah musik klasik, dengan komposer-komposer terkenal seperti Johann Sebastian Bach, George Frideric Handel, Antonio Vivaldi, dan Wolfgang Amadeus Mozart yang hidup pada masa tersebut.